Latar Belakang
Perguruan Tinggi merupakan bagian dari sistem
pendidikan nasional Indonesia dan lembaga pendidikan formal yang mempersiapkan
SDM dari level Sekolah Menengah Umum menuju Pendidikan Tinggi dengan tingkat
kemampuan analisa dan pemahaman yang lebih tinggi dari sebelumnya. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan dalam mendukung pencapaian alumni yang berkualitas
adalah dengan input yang baik melalui proses belajar yang sehat, ketersediaan
SD (dosen), dan pelayanan yang bisa memfasilitasi kebutuhan belajar mahasiswa
sehingga mereka dapat belajar dengan baik dan mampu berkompetisi di dunia kerja
kelak.
Mahasiswa adalah orang yang terdaftar pada
perguruan tinggi atau orang yang menjalani pendidikan diperguruan tinggi.
Sedangkan dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama
mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat. Prodi Magister Pendidikan Agama Islam sebagai penyelenggara
pendidikan memberikan layanan akademik maupun non akademik kepada mahasiswa.
Oleh karena itu, untuk mengetahui keberhasilan pemberian layanan tersebut
dilakukan pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap kinerja mengajar
dosen, layanan administrasi akademik oleh program studi, prasarana dan
sarana pembelajaran di program studi Magister Pendidikan Agama Islam.
Prodi Magister Pendidikan Agama Islam
merupakan bagian integral dari Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN) Makassar
telah menetapkan Visi dan Misi serta Dokumen SPMI. Implementasi sistem
penjaminan mutu pada Prodi Magister Pendidikan Agama Islam adalah
salah satu proses yang secara rutin
dilakukan dalam rangka menjaga keberlangsungan sebuah
sistem sesuai dengan tahapan SPMI
yang telah ditetapkan. Pengukuran kepuasan mahasiswa
terhadap kinerja dosen, layanan administrasi akademik oleh program studi,
prasarana dan sarana pembelajaran di program studi merupakan bagian dari proses
evaluasi yang pelaksanaannya diatur oleh Gugus Penjaminan Mutu Prodi Magister
Pendidikan Agama Islam.
Survey kepuasan mahasiswa ini dilakukan untuk
menjaring tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Prodi
Magister Pendidikan Agama Islam. Hasil survey ini akan menjadi masukan bagi
perbaikan maupun peningkatan kualitas pelayanan di Prodi Magister Pendidikan
Agama Islam di masa selanjutnya.
Tujuan
Tujuan pelaksanaan survey kepuasan mahasiswa
Prodi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar adalah
sebagai berikut:
<!--[if !supportLists]-->1. <!--[endif]-->untuk
mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen, layanan
administrasi akademik oleh program studi, prasarana dan sarana pembelajaran
selama perkuliahan semester genap tahun akademik 2021/2022
<!--[if !supportLists]-->2. <!--[endif]-->untuk
mendapatkan umpan balik terkait dengan upaya perbaikan secara berkelanjutan
dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.
<!--[if
!supportLists]-->3. <!--[endif]-->untuk
menentukan komponen atau aspek kinerja
lembaga yang perlu segera ditindaklanjuti berdasarkan
skala prioritas.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup survey kepuasan mahasiswa yaitu
kinerja mengajar dosen, layanan administrasi akademik oleh program studi,
prasarana dan sarana pembelajaran di program studi.
Pelaksana
Survei dilaksanakan oleh Tim Gugus Mutu dari Prodi Magister
Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar dengan
melibatkan mahasiswa sebagai responden.
Jenis dan Sumber Data
Dalam survei ini jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif yang didapat langsung dari penyebaran kuisioner kepada responden yang menjadi sampel adalah
masiswa Prodi Magister Pendidikan Agama Islam semester
I, II, III, dan IV.
Metode Pengumpulan
Data
Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan
angket secara online dengan menggunakan google form yang
dikirim ke grup whatsapp ketua tingkat dan grup whatsapp setiap
angkatan kemudian diarahkan pada pengisian angket melalui link. https://forms.gle/yY6TSoaPpgB35eNw9
Data yang masuk dihimpun dan dianalisis.
Angket terdiri dari 15 butir yang masing-masing terdiri dari 4 pilihan respon
jawaban dengan skor minimum 1 dan skor maksimum 4. Skor 1, 2, 3, dan 4
masing-masing diberi keterangan kurang baik, cukup baik, baik, dan sangat baik.
Metode Analisis Data
Hasil pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa
Prodi Magister Pendidikan Agama Islam dianalisis dengan teknik statistik
deskriptif. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft
Excel.
Hasil Survey